Posted in Uncategorized

The one with ‘fun run’

Sudah cukup lama kayanya gue ngaa ikut lomba lati-larian. Terakhir ikutan Borobudur10K bulan lalu di Magelang…capek banget, but it was fun. Lari muterin Borobudur, masuk ke kampung-kampung dan sawah. Walaupun kalo bisa dibilang, masih agak jauh sama lomba-lomba lari yang di Jakarta untuk organize acaranya.

Beberapa waktu lalu, di Solo ada acara model-model color run. Ya tentunya ngaa akan sebesar dan sekeren di Jakarta, apalagi di luar negri. Sayang waktu itu ngaa sempet ikutan.

Nah, hari ini kebetulan ada acara fun run lagi di Solo. Karena jarang banget ada acara-acara lari-larian kaya gitu di Solo, maka gue ama temen-temen ikutlah beli tiket. Emang ngaa pernah ada ekspektasi kalo acara ini akan serius. Maksudnya semacam lari marathon yang mentingin timingnya. We just want to have fun.

Temanya Solo Glowing Run. Pasti serulah ya. Lari malem-malem pake glow stick yang akan nyala pas di keadaan gelap. Trus akan ada DJ performance after that. It must be very fun. Sekali lagi…kita ngaa pernah berharap banyak buat menang, padahal ngaa ada pelari Kenya loh.

Pas sampai di venue, asli sempet kaget karena kita ngaa tau gate startnya di mana. Oke…ya namanya juga fun run. Akhirnya start dimulai…dan mulailah kita berlari dengan semangat 45. Sedangkan peserta lainnya masih sibuk dengan glow stick masing-masing. Ya sudahlah…namanya juga fun run.

Tapi makin lari, kok makin aneh… Sepanjang jalan rute larinya, sama sekali ngaa ada tanda arah rutenya. Dan yang lebih bahaya lagi, karena kita lari di jalanan utama yang cukup besar dan ramai, ngaa ada satu panitiapun atau petugas yang menjaga jalan, paling ngaa supaya ngaa ketabrak atau kesrempet kendaraan. Apalagi kita larinya malem-malem. Yah…bukannya apa-apa sih, tapi demi keselamatan para pesertanya.

Karena gue start lumayan depan, dan emang bener-bener lari. So…gue salah satu yang lari paling depan. Pas sampe tikungan, peserta yang di depan gue pada berhenti…bingung karena ngaa ada petunjuk rute dan arah larinya ke mana. Barulah seorang dari panitia yang kebetulan berbadan gendut, tergopoh-gopoh sambil teriak-teriak…belok-belok… Lah trus abis itu…kemana lagi? Asli ngaa jelas larinya ke mana. Sambil terus lari, kita mencari-cari panitia yang seharusnya standby di jalur rute larinya. Paling ngaa, ada orang yang bisa ditanya, arah lari kita ke mana.

Kita cuma bisa terus lari ngaa tau arahnya ke mana. La wong ngaa ada petunjuk arah sama sekali. Sampai akhirnya masuk balik ke area start. Ya karena ngaa tau di mana finishnya. Dan kalau dihitung…palingan juga baru lari 2 kilometer, ngaa sampai 5K seperti yang dibilang. Dan lucunya, pas sampai finish, masih ada beberapa peserta yang baru start. Ya iyalah…paling juga 10 menit larinya. Jadi ya langsung nyampur aja gitu, ngaa jelas.

Trus…karena kayanya kok ngaa beres ni acara, akhirnya coba kita carilah salah satu panitianya. Tapi penjelasan dan jawaban dari panitianya lebih ngaa masuk akal lagi. Dibilang ini cuma fun run, jadi harus ikutin leadernya…ngaa boleh mendahului leader. La mas…kalo jadi leader ya mbok yang bisa lari. La leadernya ternyata mas panitia yang badannya gendut tadi…baru 200 meter udah ngos-ngosan…ketinggalan jauh sama pesertanya. Ya paling ngaa, leadernya naek sepeda atau motor. Jadi bisa selalu ada di depan, sekalian kasih tau rute larinya. Setau gue…semua acara lari-larian, meskipun fun run dan ngaa terlalu serius juga gitu. Jalan sehatpun juga gitu. Ya paling ngaa…pesertanya tau aras rute larinya kemana.

Lalu, panitia juga bilang…loh ini kan cuma fun run, ngaa ada juara-juaranya. Lah mas…kita juga ngerti, la emang ngaa ada BIP number, apalagi sensor timing. Ya kita ngertilah… Cuma kok ngaa jelas aja yang udah finish ama yang baru mulai nyampur jadi satu. Malah panitianya ngaa ada yang tau kalo udah ada yang finish. PARAH…

Dan kalau emang larinya cuma 2 kilometer, ya ngaa usah iklan dan bilang-bilang 5 kilometer. Mungkin emang dari awal ngaa pernah diukur atau diperhitingkan jarak racenya. Yah…walaupun fun run, bukan berarti asal-asalan kan.

Ya intinya kalo emang mau party-partyan ya ngaa usah pake acara lari-larian. Langsung aja disko-diskoan.

Ya…ini cuma share pengalaman aja sih. So far selama ini ikut acara lomba-lomba lari-larian gini…belum pernah separah ini. Ya mungkin panitianya cuma menganggap ini cuma fun run…jadi mereka juga cuma fun-fun aja dan ngaa serius bikin acara.

Anyway…mungkin emang gue yang kurang fun aja kali ya. Kayanya yang lain fun-fun aja tuh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s