Posted in food, life, love, travel

The one with road to sand dune

30 Juli 2013

Pagi-pagi bangun mendengar suara debur ombak itu bener-bener surga. Yeah, i love beach… Hari ini rencana buat survey-survey lokasi buat foto besok, jadi agak nyantai. Abis breakfast, lanjut jalan-jalan di pantai. Pasirnya putih dan halus banget. Hawanya adem dan ngaa terlalu panas menyengat.

Oh ya, by the way Mui Ne ini kota kecil di sebelah Tenggara Vietnam, jaraknya sekitar 6 jam perjalanan naik bis atau mobil. Sebenernya bisa juga naek kereta, tapi sepertinya lebih enak dan convenient kalo jalan darat naek mobil/bis. Lokasinya yang pinggir pantai bisa dibilang mirip ama kuta di Bali, atau mungkin lebih mirip Anyer karena ngaa terlalu rame. Banyak resort dan hotel kecil yang langsung ke pantai, tapi ngaa banyak orang yang ke sini. Dan tempat ini populer buat turis-turis dari rusia, makanya ngaa heran kalo papan namanya banyak yang ada tulisan rusia.

So, akhirnya pagi ini kita nyari-nyari sewa mobil buat ke sand dune, semacam gurun pasir gitu. Dan setelah tawar menawar yang cukup alot, dengan kalkulator tentunya, akhirnya sepakat di harga 600ribu VD untuk sewa jeep berikut supir yang kabarnya menurut dia berbahasa inggris buat guide. Oke sip, karena kita bakal berlima, jadi sepertinya harga segitu cukup manusiawi. Dan urusan beres…trus sekalian nanya ada tempat yang menarik ngaa sekitar situ selain sand dune. Jawabannya simple, ngaa ada… Nah lo lalu kita ngapain? Dia bilang, you can relax on the beach… Wow…

Dan yang cukup bikin pusing, agak susah cari makan di sekitar tempat kita stay. Karena takut salah pesen dan takut ketipu trus dimahalin, akhirnya nemu warung kecil yang ada daftar menu dan harganya. Dan yang hebatnya, sepertinya di setiap sudut Mui ne ini ada wifi, ngaa cuma di hotel, tapi juga di warung kecil ini. Selain itu, beer di sini harganya sama ama coca cola… Wuhuuu.

Bingung mau ngapain lagi, akhirnya balik ke hotel dan berjemurrrr… Saatnya tanning and relax on the beach. Setelah berenang-renang kecil di kolam renang yang kecil, terdamparlah gue di kursi pantai dan berjemur sampe mateng. Sedangkan boss gue karena dia hobby sepedaan, milih naek sepeda keliling-keliling.

Agak jelang sore, mulai laper lagi. Sepertinya udah desperado buat cari-cari makanan. Menemukan tukang jual sandwich di pinggir jalan itu semacam anugerah dari langit. Walaupun isinya ngaa semeriah yang kemaren beli di Ho chi minh city, tapi lumayan juga buat mengganjal perut.

Bener-bener hari ini waktunya enjoy life sebelon besok mulai peperangan. Abis berenang, berjemur, ngebeer, makan sandwich, lanjut ngadem dan bobo siang, what a life…. I wish this happen everyday. Tinggal nunggu makan malem aja deh…

Perburuan makan malem ternyata ngaa semudah yang dibayangkan. Mungkin karena lokasi stay kita agak jauh dari daerah centralnya, jadi agak lebih sepi. Gak sanggup kalo mesti jalan ke sana. Sebenernya ada sewa motor atau ojek, tapi kayanya rempong. Jadi akhirnya milih yang deket-deket aja, dan fail…gak enak.

Jadi malem ini tinggal nungguin customer kita yang rencananya dari airport langsung naik mobil ke mui ne. Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya tibalah mereka dengan selamat tanpa kekurangan sesuatu apapun…. Wait…ternyata drama baru saja dimulai. Salah satu koper mereka nyasar dan ngaa ikut kebawa bareng mereka ke ho chi minh. Ntah masih nyangkut di Singapore atau malah masih ketinggalan di Jakarta. Panik melanda…, tapi harus keep calm…tetap kalem. Karena untung kopernya bukan baju yang akan dipake buat besok. Halleluyah…lalu hujan deras.

31 Juli 2013

Subuh-subuh sudah bangun dan bersiap karen akan make up dulu. Setelah breakfast dan semua beres, akhirnya kita siap menunggu jemputan… Eh kebalik, mobilnya udah menunggu kita. Dan driver yang kabarnya ramah dan berbahasa inggris, ternyata ngoceh-ngoceh karena kita telat sejam. Hahaha dasar emang orang indo suka ngaret.

Dia makin kaget dengan koper yang kita bawa. Dia treak-treak gak muat gak muat. Iya sih, ini jeep aja sepertinya bakalan mpet-mpetan isinya ama kita. Ditambah koper-koper segede gaban ini. Akhirnya langsung bongkar di tempat dengan ditatap oleh pandangan sinis seakan mau menelan bumi.

Dan naiklah kita ke mobil Jeep setengah terbuka. Wow, berasa off road gitu. Ntah karena ngambek, atau emang biasanya begitu, si driver ini ngebut sepanjang jalan. Gue yang duduk samping si driver yang sedang bekerja itu langsung pegangan pintu erat-erat. Salah-salah gue bakal terlempar ke luar… Pas masuk jalan yang makin kecil dan belum beraspal, makin terombang-ambing jiwaku ini, dan hatiku sangat kacau…lol.

Setelah perjalanan panjang penuh adventure…halah. Akhirnya sampe juga ke gurun pasir. White sand dune…hamparan pasir putih yang membentuk bukit-bukit kecil. Keren juga sih… Dan untuk ke puncaknya harus naek semacam motor yang biasa buat off road gitu, gak tau namanya. Dan kesempatan juga buat si driver ini buat ngegetok minta duit lagi kalo mau dianterin ke puncaknya pake jeep. Dan daripada gue pingsan di gurun pasir itu, ya sudah deh bayar ke dia buat anterin naek jeep. Itupun dia sambil ngceh-ngoceh kalo waktunya ngaa banyak karena kita tadi pagi udah telat… Oke deh kakak, jangan marah dong, nanti cepat tua loh.

Dan tanpa buang waktu lagi, langsung foto-foto buat prewed. Semoga nanti hasilnya bagus..dan ini gw kasih sedikit teasernya.

Selesai dari situ, kita pindah ke red sand dune. Hampir mirip ama white sand dune, tapi ini lebih kecil dan pasirnya berwarna coklat kemerahan. Si driver udah ngoceh-ngoceh karena waktunya ngaa cukup. Abis ganti baju , foto-foto, langsung cabut lagi.

Pemberhentian terakhir, karena si driver udah agak mulai rese… Mmmm ngaa mulai sih, tapi makin rese dan sudah menyebut-nyebut bakal harus nambah duit lagi kalo over time, akhirnya tujuan terakhir kita batalin aja. Fairy stream, semacam sungai kecil dengan tebing-tebing di kanan kirinya. Mereka juga sering nyebutnya red canyon. Sebenernya kalau yang termasuk dalam jeep tour ini ada 3 tempat lagi. Karena kita mau lebih lama dan fokus di sand dune ini, jadi kita ngaa ambil yang lainnya. Ini aja dia udah ngoceh-ngoceh…apalagi kalo kita mau semuanya.

Kemudian balik ke hotel dan habisin waktu dengan foto-foto di pantai belakang hotel. Abis itu makan dan menunggu mobil yang anterin kita balik ke ho chi minh. And the good news koper yang satunya sudah tiba dengan selamat di airport ho chi minh… Halleluyah, langsung gerimis…

Perjalanan balik ke Ho chi minh ini lebih mending, karena kita sewa private car, lumayan mahal juga…sekitar 100 US$. Dan lebih cepat juga sampainya. Mampir ke Airport buat ambil koper yang nyasar baru balik ke hotel. You know what…? drama belum berakhir…1 kantongan isi beberapa baju dan bebrapa pasang sepatu ketinggalan di mobil dan ntah akhirnya kebawa kemana. Ya sudahlah ya…..

1 Agustus 2013

Pagi dimulai dengan mencari sepatu di Benh Tan Market, karena ngaa ada sepatu lagi. Dan dimulai dengan sesi-sesi pemotretan di ho chi minh. I love the city. Selain bangunan-banguan kunonya, kota ini cenderung bersih, walaupun kalo liat kable-kable listriknya agak serem…semrawut…semoga hidup gue ngaa semrawut seperti itu. Hampir seharian…sampe agak gelap kita foto-foto, sempet break karena hujan gerimis. Akhirnya diputuskan buat balik ke hotel dan beristirahat. Karena besok masih ada sisa setengah hari buat foto lagi.

Malemnya kita abisin buat jalan-jalan sekitar hotel dan nongkrong buat ngebeer…yihaaa, dan makan cemilan-cemilannya. Seperti biasa kita duduk nongkrong di kursi pendek menghadap ke jalan. Makan gurita bakar, chicken wings dan jajanan seru lainnya, tentu ditemani beer saigon. Dan baru tau kalo misalnya kita makan, dimanapun di Saigon, pasti dikasih tissue basah. Dan ternyata tissue basahnya diitung…bayar gitu. Ngaa kaya di indo tissue bisa seenak jidat pakenya.

20130807-135210.jpg 20130807-135226.jpg 20130807-135245.jpg 20130807-135256.jpg

2 Agustus 2013

Pagi-pagi sempet dibuat shock lagi. Ternyata baru sadar kalo kemaren pas ganti baju di salah satu mall deket tempat foto, baju customernya ketinggalan di WC…what?…no comment deh. Tapi yah biar menjadi cerita dan kenangan yang seru aja….LOL

Karena waktunya ngaa banyak, kita lanjut foto di daerah Behn Quay yang lumayan jauh juga dari city. Perjalanannya sekitar 30 menit naek taxi. Dan ternyata emang ini tempat buat foto prewed, semacam PIK kalo di Jakarta. Ada puluhan pasangan yang foto prewed di situ. Sebenernya tempat ini semacam resort yang dibuat kaya alama, ada danau-danauannya. Mungkin bisa dibilang mirip kampung daun di bandung atau sampireun di garut. Dan karena cukup panas, kita putuskan kembali ke kota buat ngadem dan makan. Sekalian mau belanja-belanji beli kopi Vietnam yang katanya terkenal.

20130807-135329.jpg 20130807-135337.jpg 20130807-135349.jpg

Dan akhirnya it’s a wrap….sesi foto sudah selesai dan saatnya pulang. Pesawat kita jam 9 malem dari ho chi minh dan sampai di Singapore hampir jam 12. Terpaksa nginep di airport untuk nunggu pesawat balik ke Jakarta jam 5 pagi…huahhh…what a day.

So kesimpulan dari perjalanan ini…sebenernya Ho chi minh ini kotanya lumayan asyik buat di eksplore. Sayang kemaren ngaa sempet menjelajah daerah-daerah lain. Bisa dibilang memang sedikit agak lebih maju Jakarta. Tapi kota ini cukup rapi dan bersih. Keliatan dari fasilitas umumnya, taman-tamannya, semua rapi dan bersih. Sebagai turis lebih baik agak sedikti berhati-hati, karena banyak yang ngetok harga. So tanya dulu sebelum membeli, dan pastikan semua bayar dulu sebelum mereka berubah pikiran. Jadi buat yang berencana jalan-jalan ke sana…mungkin bisa coba kunjungi beberapa kota-kota lain, sepertri Da nang dan Hoi An, Hanoi dan Halong Bay….Enjoy.