Posted in friendship, jakarta, life, love, Uncategorized

the one with so this is Christmas

Natal…Natal dan Natal…

Apa yang special tentang Natal? Mungkin dulu waktu gue kecil, gue cuma taunya Natal itu berarti kirim-kiriman kartu Natal. Sebelumnya pas TK, ya palingan yang keinget adalah harus antri buat foto bareng santa klaus buat dapetin kado. Sampai akhirnya gue tahu kalo yang jadi santa itu adalah guru kesenian, dan kadonya dari nyokap gue. Blah…

Karena emang gue demen, jadi gue lebih seneng kalo kartu natal itu gue bikin sendiri. Selalu aja ada ide yang aneh-aneh. Gak aneh-aneh banget juga, tapi intinya gue selalu pengen kasih sesuatu yang special buat temen-temen gue. Kalopun beli, pasti gue ngaa mau kartu Natal yang biasa-biasa aja. Mungkin buat some people, ngaa ada artinya, tapi buat gue…kayanya kepuasan pribadi aja. Saat temen-temen gue cuma kasih kartu Natal, gue kasih lilin. Pernah gue sampe copy puluhan CD yang isinya lagu Natal dan gue print satu-satu covernya, dan ada foto guenya…hahaha udah sok narsis.

Lalu lama-lama udah ngaa sempet lagi bikin-bikin gituan. Karena akhirnya semua digantikan dengan email. Tapi email pun gue juga ngaa mau biasa, asal kirim. Gue bikin sendiri, malah pernah gue sampe foto sendiri. Lalu mulailah digantikan dengan SMS dan sekarang dengan text ungu ala BB. Yah, memang jaman sudah berubah. Mungkin sekarang kartu Natal udah ngaa ada artinya lagi….tapi kok menurut gue, Broadcast lewat BB itu lebih ngaa ada artinya yah. So selama ini gue sangat menghindari yang namanya Broadcast ucapan-ucapan begitu, atau broadcast-broadcast hoax tentunya. Kalo sampe bener-bener kepepet mungkin gue baru akan broadcast. Kemaren sampe gue dengan sok sangat idealisnya, kirimin ucapan satu-satu tanpa broadcast….ya walaupun tetep copy paste, tapi selalu gue kasih tulisan buat siapa. Yah karena gue mau ucapan gue lebih personal. Kalo ketik satu-satu mungkin jari gue udah keriting…Tapi kok lama-lama berasa kurang juga, so daripada cuma ngucapin basa-basi tanpa arti, mendingan gue ngaa ngucapin lewat BB, sms atau apapun.

Dan, Ntah kenapa gue selalu suka ngerayain malem natal itu misa malemnya, karena setiap gue dengerin dan ikut nyanyiin lagu Natal, apalagi kalo pakai acara dimatiin lampu dan pake lilin….oh Gosh…merinding rasanya bulu romaku, dan kadang sampai berkaca-kaca. I really love Chistmas. Sayangnya malem Natal ini gue merayakan sendirian. Sepi….Tapi yah…sudahlah….biasanya juga gitu sebelum-sebelumnya.

Lalu, ntah kenapa kok beberapa tahun belakangan ini Natal jadi agak menegangkan. Gue inget banget beberapa tahun lalu pas gue natalan di Katedral, tiba-tiba di depannya ada bom. Sekarang malah ada isu kalo ada fatwa haram buat yang ngucapin selamat Natal…WTF. What wrong with those people yah…Susah emang kalo jadi minoritas. Walaupun ngaa semuanya begitu, masih banyak temen-temen gue yang ngaa kristen juga ucapin Selamat Natal…ngaa salah kok, dan sebaliknya kalo hari raya agama lain, juga ngaa ada salahnya kan kita kasih Selamat merayakan. Suasana natal di  sini ngaa pernah berasa bener-bener natal…forget about salju lah yah…banjir yang ada. Tapi paling juga cuma di mall-mall aja yang sedikit berasa natalan. Kemaren sempet heboh gara-gara ada yang complain karena sebuah tempat pembelanjaan, sebuat aja carefor…LOL. karyawannya yang non kristen merasa dipaksa pakai topi santa, yang akhirnya dianggep kristenisasi…OMG, sepertinya santa itu bukannya kristen, cuma budaya barat doang. Tapi ya sudahlah…mau bilang apalagi yah, sepertinya itu juga cuma kerjaan beberapa orang yang ngaa ada kerjaan. Yang harusnya ngaa ada masalah, jadi dibuat-buat ada masalah. Seperti di Singapur yang sebenernya mayoritas penduduknya bukan Kristen, mereka oke oke aja tuh menghias seluruh jalan dengan ornamen Natal, malah tiap tahun selalu ada acara Light Up, nyalain lampu Natal di Orchard. Btw ini bukan about the religion, tapi about the people….ya mbok damai-damai aja toh, ngaa usah ribet.

Jadi…what Chirstmas mean to you. Chirtmas is about Love, giving…dan selalu bersyukur. So…Selamat Natal semuanya. Semoga damai Natal selalu beserta kalian dan semua orang yang kalian cintai. God Bless…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s