Posted in food, life, love, travel, Uncategorized

the one with 5 dishes you have to eat in Solo

Yang selalu gue kangenin dari kota kelahiran gue ini adalah makanannya, selain my family tentunya. Resiko terlahir dari keluarga yang doyan makan…baca: gendut…jadi gue harus bisa menahan napsu makan, kalo ngaa…bahaya. So, setiap pulang kampung, rasanya ngaa afdol kao gie ngaa wisata kuliner, sekalian mengobati rasa kangen ama makanan Solo. Nah, buat yang belon pernah ke Solo atau ada rencana ke Solo, ini gue bikinin listnya, cuma sebagian dan yang harus kalian dobain kalo pas mampir ke Solo.

1. Nasi Gudeg
Banyak sih nasi gudeg di Solo ini, cuma ada beberapa yang terkenal, salah satunya gudeg ceker, ya ceker kaki ayam. Gue lupa nama daerahnya, tapi gudeg ini buka dari malem sampe jam 3 pagi. Karena gue ngaa doyan ceker, gue ngaa pernah makan cekernya. Tapi kata yang doyan, cekernya itu bisa empuk sekali dan dagingnya bisa lepas dari tulangnya dengan gampang saking empuknya. Selain itu ada Gudeg Keprabon yang jadi langganan orang rumah gue, yang ini juga enak. oh ya btw, gudeg Solo ama Jogja agak beda, tapi emang biasanya manis.

20120810-222453.jpg20120810-212806.jpg

2. Nasi Liwet

Salah satu makanan wajib kalo ke Solo, dan yang paling terkenal itu makan lesehan di jalan Keprabon. Banyak yang jualan nasi Liwet, tapi karena banyak turis, jadi harganya suka ngasal. Cuma emang sih lumayan enak, trus makan sambil diiringin mbok-mbok yang nyinden. Berasa banget jawanya. Makannya masih harus pake daun pisang biar lebih afdol. Must try pokoknya.

3. Sate Kambing dan Tongseng

Sate kambing di Solo terkenalnya itu sate buntel, jadi dagingnya dicincang kasar trus dibungkus lagi pake semacam kulit atau lemak gitu. Trus setelah dibakar, pakein bumbu kecap….yum… Selain itu, ada sate kambing daging biasa, dan juga tongseng. Kalo Tongseng ini dagingnya dimasak pake bumbu gulai. Ada juga yang dibakar dulu baru dimasak, tapi gue lupa apa sebutannya. Ada juga gulai goreng, biasanya jerohan gulai digoreng kering, enak juga. Pokoknya kalo makan sate kambing, pastikan makan sate buntel.

20120810-214455.jpg20120810-214503.jpg20120810-222828.jpg

4. Timlo Sastro

Timlo ini ada sejak jamannya gue masih bayi kali ya. Dan dari dulu tempatnya juga di situ, dari yang warung kecil sampe sekarang udah lumayan. Walaupun tempatnya persis di depan pembuangan sampah, tapi tetep juga rame aja. Timlo ini isinya macam sosis, telor kecap, dan kalo komplit pake ati ampela, trus kuahnya kaldu ayam. Pokoknya must try, ngaa bisa jelasinnya dengan kata-kata… Dan yang masih otentik itu, buat ngitungnya dia ngaa pake kalkulator, tapi masih board pake kapur.

20120810-220326.jpg20120810-222550.jpg20120810-222600.jpg

5. Selad Solo
Kayanya ini bekas peninggalan belanda atau apa ya, tapi akhirnya jadi salah satu makanan khas Solo. Daging, kentang, wortel dan sayur selada, dan yang penting mayonaisenya. Ngaa boleh terlewatkan yang satu ini

20120810-224429.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s