Posted in book, film, life, love

the one with the flowers of war

Semalem abis nonton film ini, tadinya ngaa tau film ini tentang apa…and karena sebenernya gue ngaa gitu suka film-film perang-perangan, tapi sepertinya not bad juga film ini. Walaupun filmnya memang tentang perang, saat Jepang mau menduduki kota nanjing, tapi sebenernya film ini lebih banyak dramanya. Film ini diadaptasi dari novel 13 flowers of Nanjing karya Geling Yan, sebenernya udah beredar dari Desember tahun lalu, tapi baru masuk ke indo sekarang.

Berawal dari John Miller (Christian Bale), seorang pengurus pemakaman yang dipanggil untuk mengurus pemakaman seorang pastor di sebuah biara Katolik di Nanjing, tapi ternyata dia malah terjebak di sana karena tentara Jepang sudah menguasai seluruh kota Nanjing. Dan dia ngaa sendiri terjebak di sana, ada beberapa siswa biara yang terjebak juga karena mereka ngaa berhasil ke tempat pengungsian, dan beberapa PSK dari rumah bordil paling terkenal di Nanjing yang akhirnya mencari tempat berlindung karena Gereja harusnya jadi tempat yang paling aman dan bebas dari perang.

Tadinya John yang ngaa sengaja terjebak dan ngaa perduli, akhirnya setelah melihat gimana kejamnya Jepang-jepang itu memperlakukan siswa-siswa biara itu, dia akhirnya ngaa tega and berusaha melindungi anak-anak itu, tapi emang Jepang terlalu kejam. So…dilemanya bagaimana dia harus menyelamatkan semua siswa itu ditambah ama para PSK yang berlindung di biara itu. Konflik demi konflik antara siswa dan PSK, dan segala dramanya yang akhirnya jadi inti film ini, dengan banyak pesan-pesan moral dari orang-orang yang kadang dianggap ngaa bermoral….:) kidding. Ya, kadang kita terlalu men-judge people form the outside, judge the books from its cover. Padahal kadang dari orang yang kita anggep hidupnya penuh dengan dosa, kita bisa belajar banyak tentang how life is. Darling, we are not perfect…

Selama nonton film ini, bawaannya mau mewek…sedih banget liat gimana hancurnya akibat dari perang. Dan gimana kejamnya tentara-tentara jepang selama perang….mmm sedih deh pokoknya. So…this movie cukup layak untuk ditonton…buat yang phobia ama darah…siap-sipa tutup mata, karena bakal melihat banyak darah di mana-mana…so enjoy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s